Close Klik 2x

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah − Selamat siang semuanya. Bagaimana masih tetap berpuasa kan? Semoga kita bisa menjalani puasa ini sampai selesai ya. Hari ini admin akan kembali membagikan contoh surat terbaru untuk anda. Sebelumnya admin sudah memposting contoh surat permohonan izin kegiatan, Sedangkan untuk kali ini admin akan bagikan contoh surat permohonan pindah sekolah sd, smp maupun sma yang dibuat oleh orang tua murid bersangkutan. Nah bagi anda yang membutuhkan referensinya silahkan simak terus halaman ini sampai selesai.

Kita tahu bahwa sekolah merupakan sebuah lembaga yang dibuat untuk mengajar para siswa. Adapun tujuan dari proses pengajaran ini ialah tidak lain supaya para siswa bisa menjadi orang-orang yang berilmu dan mampu untuk memajukan bangsa. Kita juga tahu bahwa sekolah adalah sebuah lembaga yang formal, jadi segala aktifitas yang berhubungan dengan sekolah juga harus melalui suatu proses yang formal. Seperti halnya ketika seorang siswa ingin pindah sekolah, maka ia diharuskan untuk melengkapi surat permohonan pindah sekolah, karena surat permohonan ini adalah salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi oleh seorang siswa yang ingin pindah sekolah.

Surat permohonan pindah sekolah dari orang tua adalah sebuah surat yang dibuat oleh orang tua/wali siswa yang berisi permohonan kepada pihak sekolah supaya bersedia memberikan izin akan kepindahan siswa bersangkutan. Seseorang siswa yang memutuskan untuk pindah sekolah bisa dipicu oleh berbagai macam sebab, bisa dikarena murid tidak lagi nyaman belajar di sekolah tersebut, orang tua/wali murid tersebut pindah tempat tinggal atau lain sebagainya.

Jika sudah begini, maka anda sebagai orang tua/wali si murid, tentunya harus membuat surat permohonan pindah sekolah. Lalu bagaimana cara membuat surat permohonan pindah sekolah yang baik dan benar? Membuat surat ini sebenarnya tidaklah begitu susah, pada umumnya sama saja dengan surat permohonan lainnya. Namun perbedaannya hanyalah pada isi pokok permohonannya saja.

Mengingat surat permohonan ini adalah surat setengah resmi, maka pembuatannya harus menggunakan bahasa yang baik dan benar atau sesuai dengan EYD. Sedangkan untuk bagian bagian dari surat permohonan pindah sekolah adalah sebagai berikut:

1. Tempat dan tanggal surat;
2. Orang/alamat penerima surat
3. Isi yang diawali dengan identitas siswa bersangkutan dan dilanjutkan dengan isi pokok permohonan.
4. Nama dan tanda tangan orang tua/wali murid dan bubuhi juga materai secukupnya.

Gambar untuk Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah

Dengan mengetahui bagian-bagian tersebut tentunya akan memudahkan kita untuk membuat surat permohonan pindah sekolah tersebut. Dan saya yakin sebagian dari anda sudah cukup tahu bagaimana format surat pindah sekolah ini. Namun supaya lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Pindah Sekolah Dari Orang Tua

Pidie, 30 Mei 2017

Kepada Yth.
Kepala SMA 1 Kembang Tanjong
di
Pidie

Perihal : Permohonan Pindah Sekolah

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya orang tua/wali murid dari :

Nama Lengkap    : Maulana Hakim
Tempat/Tgl. Lahir  : Pidie, 2 Januari 2001
Kelas                     : X (sepuluh)
Nomor Induk         : 25678645

Dengan ini mengajukan permohonan pindah sekolah dari SMA 1 Kembang Tanjong Pidie untuk masuk ke SMA 1 Banda Aceh. Hal tersebut dikarenakan tuntutan tugas dari orang tua yang harus pindah tugas ke Banda Aceh, sehingga lokasi sekolah lebih dekat dengan tempat tinggal.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Besar harapan kami sekolah dapat mengabulkan permohonan ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Materai 6000

Ismail Saleh

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah SD

Kepada :
Yth. Kepala SD 1 Banda Aceh
Di Tempat

Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : Muhajir
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat       : Jln. Tgk Mahmud No. 45 Batoh Banda Aceh

Merupakan orang tua / wali dari

Nama siswa    : Irfan Maulana
Kelas               : III A
Nomor Induk   : 167675
Jenis Kelamin : Laki-laki

Mengajukan permohonan pindah sekolah anak saya tersebut di atas dari SD 1 Banda Aceh ke SD 1 Medan dengan alasan Ikut Orang tua pindah tugas kerja ke Medan.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan dengan harapan dapat terkabul hendaknya, atas perhatian dan dikabulkannya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Banda Aceh, 30 Mei 2017

Orang Tua Siswa / Wali Murid



Muhajir

Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah

SURAT KETERANGAN PINDAH
Nomor : 251/546/SPD.SD.1/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kota Banda Aceh, menerangkan bahwa :

Nama                   : Irfan Maulana
Tempat/Tgl Lahir : Banda Aceh, 23 Februari 2007
Nomor Induk       : 167675
Jenis Kelamin     : Laki-laki
Kelas                  : III A

Sesuai dengan surat permohonan pindah sekolah oleh orang tua/wali siswa dari :

Nama         : Muhajir
Pekerjaan : Wiraswasta

Mengajukan pindah ke sekolah dasar (SD) negeri 1 Medan, atas permintaan orang tua. Bersama ini kami sertakan buku laporan penilaian hasil belajar (Rapor).

Demikian surat pindah ini kami perbuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Banda Aceh, 30 Mei 2017

Kepala Sekolah,


Drs. Zainuddin

Tembusan:

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh
Sekolah yang dituju
Arsip

Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan pindah sekolah yang dapat admin bagikan untuk anda semua para pembaca. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita semua berkenaan dengan surat permohonan pindah sekolah ini. Dan bagi yang saat ini sedang menyusun surat tersebut, bisa terbantu dengan adanya contoh di atas. Sebagai bentuk dukungan anda, silahkan like dan share melalui tombol di bawah. Dan jika dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat permohonan rekomendasi kegiatan. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsuratpos.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel