Close Klik 2x

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar Terbaru 2018

Contoh Surat Lamaran Kerja − Selamat siang sahabat contohsuratpos yang tetap setia berkunjung dan membaca postingan-postingan kami. Bagaimana kabar anda? Admin harap anda semua dalam keadaan yang sehat ya. Sebelumnya admin sudah memposting contoh surat lamaran kerja di bank. Sedangkan untuk kali ini admin akan bagikan contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar pastinya menarik dan terbaru untuk saat ini.

Sebagai awal dalam mencari pekerjaan pada sebuah perusahaan/instansi yang sedang membuka lowongan kerja, Biasanya dimulai dengan membuat surat lamaran kerja. Baik itu perusahaan umum, CPNS, Bank, Perawat dan lain sebagainya tentu saja membutuhkan sebuah cv lamaran kerja.

Sebenarnya tidaklah susah untuk membuat surat lamaran kerja, namun tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk menyusun rangkaian kalimat jadi membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar sebab faktor ini juga akan mampu memberikan kesan baik pertama dan juga dapat meningkatkan kesempatan untuk diterima menjadi salah satu karyawan di perusahaan tersebut.

Memberikan kesan pertama dari surat lamaran kerja pastinya akan sangat menentukan langkah anda selanjutnya dari lamaran yang anda ajukan, bayangkan saja apabila surat lamaran yang dibuat tidaklah baik, kalimatnya yang berantakan, bertele-tele dan juga kurang menarik dilihat, saya pikir pihak HRD perusahaan juga akan langsung melewati surat lamaran kerja yang anda ajukan tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Hal-hal seperti inilah yang patut kamu hindarkan.

Untuk itulah di kesempatan ini admin akan memberikan sedikit tips cara membuat surat lamaran kerja yang disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk bisa anda tiru guna untuk mengajukan permohonan lamaran kerja anda.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Membuat surat lamaran kerja dibuat tidak asal jadi, namun mesti memperhatikan format, maupun tata cara pemakaian bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya supaya menjadi lebih lancar, maka dari itu supaya menghasilkan surat lamaran kerja yang baik dan benar anda harus memperhatikan beberapa tips di bawah ini :

o Gunakan bahasa yang baik dan benar

Susunlah kalimat-kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan memakai bahasa gaul yang kurang dipahami oleh umum..

o Buatlah dengan kalimat yang sopan

Silahkan gunakan kalimat-kalimat yang sopan, dan hindari kalimat yang bisa meninggalkan kesan sombong dengan tetap memperhatikan supaya tidak terkesan terlalu merendahkan diri.

o Tulislah secara rapi

Sampai sekarang tidak sedikit perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual memakai ballpoint, sebab bisa dengan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Namun tetap harus diupayakan supaya tulisan yang anda buat tidak adanya corat-coret (kotor).

Namun tentunya anda juga harus mengikuti permintaan dari perusahaan bersangkutan apakah menggunakan surat lamaran tulis tangan ataupun yang diketik dengan komputer.

o Lengkapi persyaratan yang ditentukan perusahaan

Jangan lupa melengkapi surat-surat yang diperlukan atau disyaratkan dari perusahaan tempat anda melamar tersebut. Karena jika anda tidak melengkapi apa yang dipersyaratkan, maka besar kemungkinan lamaran anda tidak akan diproses ke tahap berikutnya atau tidak lulus administrasi.

o Lampirkan sertifikat-sertifikat pendukung lainnya

jika anda memiliki sertifikat-sertifikat yang mendukung posisi yang anda lamar tersebut, maka silahkan dilampirkan, karena hal ini tentunya dapat menambah kriteria kepandaian anda. Sehingga pihak HRD perusahaan bisa mempertimbang anda.

Bagian-Bagian Penting dari Surat Lamaran Kerja

Sebetulnya hal pokok dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, yakni :

1. Pembuka

Dibagian ini pelamar menjelasakan darimana sumber info lowongan pekerjaan yang pelamar dapatkan serta posisi atau jabatan lowongan kerja yang ingin dilamar oleh pelamar.

2. Isi atau Uraian

Dibagian ini pelamar menjelasakan bahwa pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan. Dan tidak hanya itu, dibagian ini juga dicantumkan juga identitas diri pelamar seperti usia, tempat tinggal, pendidikan terakhir dan keterampilan yang dimiliki pelamar agar bisa menunjang posisi yang dilamar.

3. Penutup

Pada bagian ini tulisalah sedikit harapan pelamar mengenai proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terima kasih.

Sebenarnya membuat surat lamaran kerja tidak membutuhkan waktu yang lama, namun karena anda harus membuatnya dengan baik dan benar makanya terlihat susah dan lama. Namun tentunya lebih baik lama dengan hasil yang maksimal, daripada cepat tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Gambar untuk Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar Terbaru 2017

Nah dari penjelasan di atas, saya rasa anda semua sudah tahu sedikitnya bagaimana format surat lamaran kerja yang baik dan benar yang umum digunakan di indonesia. Namun supaya lebih jelas, mari kita simak langsung beberapa contoh yang sudah admin siapkan di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum I

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk / Ibu Personalia
PT. SETIA BUDI
Jln. Melati No. 98
Jakarta Utara

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Setia Budi yang saya dapatkan dari harian Bisnis pada tanggal 14 Mei 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Administrasi dengan kode (ADM) di perusahaan PT. Setia Budi.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama                       : Heri Setiawan
Tempat/Tgl. Lahir     : Jakarta, 11 Juni 1994
Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi Perkantoran
Alamat                     : Jln. Mawar No. 65 Jakarta Utara
Telepon (HP)           : 081265786752
Status                      : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga mampu mengoperasikan komputer baik itu MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Fotocopy Ijazah S1;
3. Fotocopy Transkrip Nilai;
4. Fotocopy sertifikat kursus dan pelatihan;
5. Pas foto terbaru ukuran 3x4 2 lembar

Saya berharap dapat diberikan kesempatan wawancara agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu personalia.

Hormat saya,



Heri Setiawan

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum II

Bekasi, 15 Mei 2017

Kepada Yth. HRD
PT. Agung Lestari,
Jln. Siliwangi No. 34
Bekasi

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                    : Agus Munadi, SE
Tempat, Tgl. Lahir : Bekasi, 16 September 1990
Alamat                   : Jln. Setia Budi No. 43 Bekasi
No. Telp/HP           : 082356764567
Pendidikan            : S1 Ekonomi Manajemen

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Marketing.

Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terkemuka di Bandung. Maka dengan surat lamaran ini saya siap untuk memberikan kompetensi tenaga dan waktu saya apabila diperlukan. Saya berharap agar Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan wawancara maupun tes lainnya kepada saya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup;
2. Fotocopy Ijazah;
3. Fotocopy Sertifikat;
4. Fotocopy KTP;
5. Fotocopy Transkrip Nilai;
6. Foto Berwarna ukuran 3x4 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,



Agus Munadi, SE
Demikianlah 2 contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar terbaru 2017, saya harapkan dari penjelasan di atas tadi dapat memberikan manfaat terutama bagi anda yang sedang membuat surat lamaran pekerjaan. Silahkan like dan share melalui tombol di bawah sebagai dukungan anda kepada blog kami ini. Dan untuk tambahan, silahkan simak juga contoh surat lamaran kerja pegawai honorer pemda. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsuratpos.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel